Contoh Jurnal Modul 2 PPG Guru Tertentu Tahun 2025
Pembelajaran Sosial Emosional
Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) dalam Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2025 bertujuan mengembangkan keterampilan sosial dan emosional baik pada guru maupun peserta didik. PSE melibatkan seluruh warga sekolah dan menjadikan guru sebagai teladan dalam membangun kepercayaan diri, kesadaran diri, serta kemampuan akademik siswa.
PSE memainkan peran penting dalam pembentukan karakter dan peningkatan prestasi akademik. Nilai-nilai seperti empati, kepedulian sosial, dan kemampuan bekerja sama menjadi bagian dari penguatan karakter siswa. Siswa yang mampu mengelola emosinya cenderung memiliki konsentrasi belajar lebih baik, berdampak positif pada hasil akademik mereka.
Dalam pelaksanaannya, PSE mengajarkan lima kompetensi utama: kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berinteraksi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Kelima kompetensi ini membekali siswa untuk memahami diri sendiri dan orang lain, serta membuat keputusan yang tepat dalam kehidupan sehari-hari.
Agar PSE berjalan efektif, guru perlu menciptakan lingkungan belajar yang aman, menggunakan metode interaktif, serta memberikan umpan balik yang membangun. Guru juga harus menjadi contoh nyata empati, komunikasi positif, dan pengelolaan diri. Tujuan akhir PSE adalah menciptakan generasi siswa yang cerdas secara akademik dan matang secara sosial-emosional.