Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Perangkat Ajar Deep Learning Pendidikan Pancasila Kelas 10

Perangkat Ajar Pembelajaran Mendalam (PM) untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila adalah sekumpulan dokumen dan bahan ajar yang didesain secara sadar, bermakna, dan menyenangkan. Tujuannya adalah untuk mendukung tercapainya Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan belajar yang aktif, reflektif, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Guru sedang presentasi

1. Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Mendalam

Modul ini dirancang dengan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan prinsip PM. Fokusnya adalah pada isu-isu nyata yang dekat dengan kehidupan siswa, di antaranya:

  • Toleransi dan keberagaman
  • Hak dan kewajiban sebagai warga negara
  • Partisipasi dalam kehidupan yang demokratis
  • Kontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat

Adapun komponen penting yang ada di dalam modul ini meliputi:

  • Tujuan Pembelajaran: Selaras dengan Capaian Pembelajaran (CP) Pendidikan Pancasila.
  • Pertanyaan Pemantik: Digunakan untuk memicu pemikiran kritis dan diskusi.
  • Aktivitas Eksploratif: Berbasis proyek atau studi kasus.
  • Refleksi dan Asesmen Autentik: Mengajak siswa untuk berpikir mendalam.

2. RPP / Rencana Pembelajaran Harian / Mingguan

Rencana pembelajaran ini berisi:

  • Aktivitas yang melibatkan olah pikir (seperti diskusi, debat), olah rasa (cerita empati, studi tokoh), olah hati (refleksi nilai), dan olah raga (aksi sosial nyata).
  • Skema kolaboratif seperti kerja kelompok dan membentuk komunitas di kelas.
  • Penekanan pada bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan di era digital dan multikultural saat ini.

3. LKPD Berbasis Refleksi & Proyek

Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) ini dibuat untuk:

  • Mengasah kemampuan siswa dalam menganalisis nilai-nilai dalam situasi nyata.
  • Membuat produk sosial, misalnya poster, kampanye digital, atau vlog yang berisi nilai-nilai Pancasila.
  • Dilengkapi dengan instruksi refleksi yang menuntun siswa untuk berpikir secara mendalam.

4. Rubrik Penilaian Autentik

Penilaian yang dilakukan tidak hanya sebatas pada aspek kognitif, tetapi juga mencakup:

  • Aspek afektif dan sikap terhadap nilai-nilai Pancasila.
  • Keterampilan kolaborasi.
  • Refleksi pribadi yang dibuat oleh siswa.

5. Bahan Bacaan atau Video Kontekstual

Bahan ajar tambahan ini bisa berupa:

  • Kisah tokoh-tokoh inspiratif, seperti Soekarno, KH Ahmad Dahlan, atau Buya Hamka.
  • Peristiwa sejarah yang relevan.
  • Dilema etis atau isu sosial untuk memicu diskusi di kelas.

📥 Download Perangkat Ajar Pendidikan Pancasila Deep Learning