Perangkat Ajar Deep Learning Prakarya Pengolahan Kelas 9
Perangkat Ajar Deep Learning Prakarya Pengolahan Kelas 9
Selamat datang di pusat unduhan Perangkat Ajar Deep Learning untuk mata pelajaran Prakarya (Pengolahan) Kelas 9 (Fase D). Perangkat ajar ini disusun untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, dengan fokus pada pengalaman belajar yang utuh, menyeluruh, dan komprehensif melalui kegiatan proyek.
Mata pelajaran Prakarya Pengolahan didesain untuk membangun individu murid yang tangguh berkemampuan menggunakan kompetensi yang dipelajari dari berbagai mata pelajaran untuk menghasilkan produk tertentu melalui kegiatan proyek. Kompetensi yang dipelajari di Fase D dan E mencakup: observasi dan eksplorasi, perencanaan produksi, produksi dan evaluasi dan refleksi. Strategi pembelajarannya dimulai dari kegiatan produksi yang kompleksitasnya sederhana, menuju kegiatan produksi yang tingkat kompleksitasnya lebih tinggi. Level kompleksitas kegiatan produksi diorganisasikan dalam fase-fase kemampuan. Fase D dipelajari di SMP kompetensi utamanya yang akan dicapai adalah melakukan kegiatan produksi dengan melakukan modifikasi dari produk dan proses produksi dengan memperhatikan ketersediaan sumberdaya. Kompetensi di Fase E yang akan dicapai adalah melakukan kegiatan produksi dengan melakukan pengembangan dari produk dan proses produksi dengan memperhatikan kebutuhan pasar. Lingkup materi Prakarya Pengolahan mencakup pengolahan pangan dan nonpangan. Pengolahan pangan mencakup pengolahan makanan dan minuman dari bahan nabati dan hewani. Pengolahan nonpangan mencakup pengolahan produk pembersih dan produk perawatan tubuh dari bahan nabati dan hewani. Berdasarkan uraian tersebut, maka Mata Pelajaran Prakarya Pengolahan diorganisasikan dalam lingkup empat elemen yang dipelajari secara sistematis terintegrasi sebagai siklus dalam kegiatan proyek untuk memberikan pengalaman belajar yang utuh menyeluruh dan komprehensif bagi murid.
Elemen-elemen Prakarya Pengolahan
Elemen | Deskripsi |
---|---|
Observasi dan Eksplorasi | Pengamatan bahan, alat, dan teknik pengolahan, pengemasan dan penyajian untuk menciptakan peluang dalam membuat produk yang kreatif dan inovatif. |
Perencanaan | Penyusunan rancangan modifikasi atau pengembangan produk berdasarkan hasil observasi dan eksplorasi. |
Produksi | Keterampilan pembuatan, pengemasan dan penyajian produk hasil modifikasi atau pengembangan. |
Refleksi dan Evaluasi | Kemampuan refleksi dan evaluasi terhadap proses dan produk kegiatan modifikasi atau pengembangan produk. |
Capaian Pembelajaran Fase D
Pada akhir Fase D (Umumnya untuk Kelas VII, VIII dan IX SMP/MTs/Program Paket B), murid memiliki kemampuan sebagai berikut:
- Observasi dan Eksplorasi: Mengidentifikasi dan mengomunikasikan karakteristik bahan, alat, teknik pengolahan, pengemasan, dan penyajian produk olahan pangan dan atau nonpangan sesuai potensi lingkungan.
- Perencanaan: Merancang modifikasi bahan, alat, atau teknik pengolahan, pengemasan atau penyajian produk olahan pangan dan atau nonpangan.
- Produksi: Membuat, mengemas, dan menyajikan produk olahan pangan dan atau nonpangan hasil rancangan modifikasi dengan menerapkan K3 (kesehatan dan keselamatan kerja).
- Refleksi dan Evaluasi: Mengevaluasi dan merefleksi proses dan produk hasil modifikasi.
Pusat Unduhan Perangkat Ajar
Silakan unduh komponen perangkat ajar yang Anda butuhkan melalui tombol-tombol di bawah ini. Setiap tautan akan mengarahkan Anda ke file yang sesuai.