Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Ajar Deep Learning Seni Rupa Kelas 7

Perangkat Ajar Deep Learning Seni Rupa Kelas 7

Rasional

Pembelajaran mendalam pada mata pelajaran Seni Rupa turut membangun dimensi profil lulusan berupa; (1) keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, (2) kewargaan, penalaran kritis, (4) kreativitas, (5) kolaborasi, (6) kemandirian, (7) kesehatan, dan (8) komunikasi. Secara umum, mata pelajaran Seni Rupa sangat penting untuk membangun kemampuan olah rasa murid, sehingga mereka mampu meregulasi dirinya, memiliki sifat mencintai keindahan, menghargai keberagaman, dan menjunjung perdamaian.

Pembelajaran mendalam mata pelajaran Seni Rupa memberikan pengalaman belajar dimana mereka memahami, mengaplikasi, dan merefleksi dalam berproses karya seni rupa, melalui praktik pedagogis, lingkungan pembelajaran, kemitraan pembelajaran, dan pemanfaatan digital.

Tujuan

Mata pelajaran Seni Rupa bertujuan agar murid mampu:

  1. Menunjukkan kepekaan terhadap persoalan diri dan lingkungan, dan menemukan solusi kreatif untuk menanggapi dan mengatasi masalah;
  2. Mengekspresikan diri dan mengasah kreativitas melalui penciptaan karya seni rupa;
  3. Memberdayakan sumber daya (alat dan bahan) yang tersedia di sekitarnya untuk menciptakan sebuah karya seni; dan
  4. Menemukan jawaban terhadap suatu masalah atau mendapatkan gagasan untuk menciptakan karya seni melihat suatu hal melalui beberapa sudut pandang sehingga dapat menciptakan karya seni yang berdampak bagi diri sendiri dan orang lain.

Capaian Pembelajaran Fase D

Pada akhir Fase D (Umumnya untuk Kelas VII, VIII, dan IX SMP/MTs/Program Paket B), murid memiliki kemampuan sebagai berikut.

  • Mengalami (Experiencing)
    Menganalisis unsur rupa dan prinsip desain dalam benda-benda di sekitar/karya seni rupa.
  • Merefleksikan (Reflecting)
    Merefleksikan dan mengapresiasi karya diri sendiri dan teman sekelas; membandingkan unsur rupa, prinsip desain, dan fungsi karya seni rupa menggunakan kosa kata seni rupa yang sesuai.
  • Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically)
    Mengaplikasikan variasi teknik penggunaan alat dan bahan yang dimiliki untuk berkarya; mengeksplorasi alternatif/potensi alat dan bahan yang ada di lingkungan sekitar.
  • Menciptakan (Making/Creating)
    Membuat karya seni rupa berdasarkan pengalaman dan/atau hasil pengamatan terhadap lingkungan sekitar, dengan mempertimbangkan fungsi, menggunakan gaya atau teknik yang telah dipelajari.
  • Berdampak (Impacting)
    Menghasilkan karya seni rupa untuk merespon pengalaman sehari-hari dan mengekspresikan perasaan atau minat.

Unduh Perangkat Ajar Seni Rupa Kelas 7

Silakan unduh kelengkapan perangkat ajar Seni Rupa Fase D Kelas 7 Kurikulum Merdeka melalui tautan di bawah ini.