Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Ajar Deep Learning Seni Rupa Kelas 8

Perangkat Ajar Deep Learning Seni Rupa Kelas 8

Pembelajaran mendalam pada mata pelajaran Seni Rupa turut membangun dimensi profil lulusan berupa; (1) keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, (2) kewargaan, (3) penalaran kritis, (4) kreativitas, (5) kolaborasi, (6) kemandirian, (7) kesehatan, dan (8) komunikasi.

Secara umum, mata pelajaran Seni Rupa sangat penting untuk membangun kemampuan olah rasa murid, sehingga mereka mampu meregulasi dirinya, memiliki sifat mencintai keindahan, menghargai keberagaman, dan menjunjung perdamaian.

Capaian Pembelajaran Seni Rupa memiliki lima elemen yang mandiri dan berjalan beriringan sebagai kesatuan yang saling mempengaruhi dan mendukung untuk mencapai kompetensi yang dituju. Elemen ini berlaku untuk seluruh fase. Setiap elemen memiliki gradasi kompetensi dan ruang lingkup yang semakin meningkat di setiap fasenya. Setiap elemen bukan sebuah urutan atau prasyarat dari elemen lainnya karena bukan merupakan taksonomi. Pembelajaran seni sangat memungkinkan terjadinya proses lintas elemen.

Dengan mengalami proses kreatif dan olah rasa, murid akan merefleksikan pengalamannya tersebut sehingga terbiasa berpikir dan bekerja artistik, murid dapat melihat peluang untuk memberdayakan sumber daya yang dimilikinya untuk menciptakan karya yang memiliki dampak positif bagi dirinya dan orang lain.

Capaian Pembelajaran Fase D (Seni Rupa)

Pada akhir Fase D (Umumnya untuk Kelas VII, VIII, dan IX SMP/MTs/Program Paket B), murid memiliki kemampuan sebagai berikut:

  • Mengalami (Experiencing)
    Menganalisis unsur rupa dan prinsip desain dalam benda-benda di sekitar/karya seni rupa.
  • Merefleksikan (Reflecting)
    Merefleksikan dan mengapresiasi karya diri sendiri dan teman sekelas; membandingkan unsur rupa, prinsip desain, dan fungsi karya seni rupa menggunakan kosa kata seni rupa yang sesuai.
  • Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically)
    Mengaplikasikan variasi teknik penggunaan alat dan bahan yang dimiliki untuk berkarya; mengeksplorasi alternatif/potensi alat dan bahan yang ada di lingkungan sekitar.
  • Menciptakan (Making/Creating)
    Membuat karya seni rupa berdasarkan pengalaman dan/atau hasil pengamatan terhadap lingkungan sekitar, dengan mempertimbangkan fungsi, menggunakan gaya atau teknik yang telah dipelajari.
  • Berdampak (Impacting)
    Menghasilkan karya seni rupa untuk merespon pengalaman sehari-hari dan mengekspresikan perasaan atau minat.

Pusat Unduhan Perangkat Ajar

Silakan unduh komponen perangkat ajar Seni Rupa Kelas 8 Deep Learning yang Anda butuhkan melalui tombol-tombol di bawah ini.