Perangkat Ajar Deep Learning Prakarya Budidaya Kelas 8
Perangkat Ajar Deep Learning Prakarya Budidaya Kelas 8
Mata Pelajaran Prakarya Budi Daya melatih kemampuan kepemimpinan (leadership), berinisiatif tinggi dan merespon kebutuhan sekitar, kerja sama (team work), serta berani mengambil risiko (risk-taking). Mengacu pada konsep hasta karya Ki Hajar Dewantara yaitu mengembangkan cipta, rasa, dan karsa, dicapai melalui pendekatan sistem pembelajaran yang mendalam, secara berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan. Pembelajaran dilaksanakan menyesuaikan dengan minat dan perkembangan kemampuan murid dengan pendampingan dari pendidik.
Pendekatan pembelajaran mendalam pada mata pelajaran Prakarya Budi Daya berorientasi pada kemampuan eksplorasi bahan, alat, teknik, sistem, dan prosedur pembuatan produk dari berbagai sumber. Dari hasil eksplorasi tersebut, dapat menghasilkan ide atau gagasan yang dituangkan dalam desain/perencanaan, dan pada akhirnya diaplikasikan menjadi produk budi daya. Murid dapat memberikan tanggapan dan saran perbaikan atas produk yang dibuat oleh kelompoknya maupun oleh murid lainnya.
Melalui penguasaan ilmu dan pengetahuan alam, teknologi budi daya, budaya, ekonomi dengan semangat kewirausahaan diharapkan dapat mewujudkan delapan dimensi profil lulusan, yaitu: keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME, kewargaan, penalaran kritis, kreativitas, kolaborasi, kemandirian, kesehatan dan komunikasi.
Mata pelajaran Prakarya Budi Daya diorganisasikan dalam lingkup empat elemen yang terdiri dari observasi/eksplorasi, desain/perencanaan, produksi, serta refleksi dan evaluasi. Keempat elemen tersebut dapat dipelajari secara terpisah dan diaplikasikan sebagai siklus dalam pembelajaran berbasis projek sehingga memberikan pengalaman menyeluruh dan komprehensif bagi murid.
Elemen-elemen Prakarya Budidaya
| Elemen | Deskripsi |
|---|---|
| Observasi dan Eksplorasi | Kemampuan mengamati, menggali, dan mencari tahu (bahan, alat, teknik, dan prosedur pembuatan) secara sistematis, kritis, dan kreatif. |
| Desain/Perencanaan | Kemampuan merancang, merekonstruksi, dan memodifikasi berdasarkan hasil observasi dan eksplorasi. |
| Produksi | Kemampuan membuat produk melalui uji coba dan penelitian yang menumbuhkan jiwa kewirausahaan. |
| Refleksi dan Evaluasi | Kemampuan pengamatan, apresiasi, identifikasi, analisis, penilaian, dan pemberian saran perbaikan/pengembangan produk/kelayakan produk. |
Capaian Pembelajaran Fase D
Pada akhir Fase D (Umumnya untuk Kelas VII, VIII dan IX SMP/MTs/Program Paket B), murid memiliki kemampuan sebagai berikut.
- Eksplorasi dan Observasi: Menjelaskan aspek-aspek penting budi daya berdasarkan hasil observasi; menjelaskan produk budi daya serta modifikasi bahan, alat, dan teknik bila diperlukan sesuai potensi lingkungan/kearifan lokal berdasarkan hasil eksplorasi.
- Desain/Perencanaan: Menyusun rencana kegiatan budi daya serta modifikasi bahan, alat, dan teknik bila diperlukan, sesuai potensi lingkungan/kearifan lokal.
- Produksi: Menghasilkan produk budi daya yang aman berdasarkan potensi lingkungan/kearifan lokal dengan modifikasi bahan, alat, dan teknik bila diperlukan, serta ditampilkan dalam kemasan yang menarik.
- Evaluasi dan Refleksi: Mengevaluasi dan merefleksi proses serta produk budi daya yang aman yang dihasilkan.
Pusat Unduhan Perangkat Ajar
Silakan unduh komponen perangkat ajar yang Anda butuhkan melalui tombol-tombol di bawah ini. Setiap tautan akan mengarahkan Anda ke file yang sesuai.
