Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Ajar Deep Learning Prakarya Pengolahan Kelas 8

Perangkat Ajar Deep Learning Prakarya Pengolahan Kelas 8

Mata pelajaran Prakarya Pengolahan memberikan kesempatan kepada murid untuk terlibat langsung dalam proses produksi melalui kegiatan observasi dan eksplorasi, perencanaan, produksi, serta refleksi dan evaluasi. Proses produksi ini tidak hanya berfokus pada hasil akhir, tetapi juga pada pengembangan sikap dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan zaman. Dengan demikian, mata pelajaran Prakarya Pengolahan turut berkontribusi dalam membentuk delapan dimensi profil lulusan, yaitu: keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME, kewargaan, penalaran kritis, kreativitas, kolaborasi, kemandirian, kesehatan, dan komunikasi.

Mata pelajaran Prakarya Pengolahan mengacu pada konsep hasta karya Ki Hajar Dewantara, yang mengembangkan cipta, rasa, dan karsa melalui pendekatan pembelajaran mendalam yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan. Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan memperhatikan minat dan perkembangan kemampuan murid dengan pendampingan pendidik atau satuan pendidikan. Pembelajaran juga membuka kesempatan bagi satuan pendidikan untuk bekerja sama dengan orang tua/wali murid, masyarakat termasuk dunia usaha/dunia kerja. Mata pelajaran Prakarya Pengolahan dirancang tidak hanya mengajarkan teori tetapi juga mengembangkan karakter dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Pendekatan proyek dalam pembelajaran mata pelajaran Prakarya Pengolahan menjadi sarana bagi murid untuk mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu. Contohnya, pada implementasi pembelajaran pembuatan produk olahan pangan, murid dapat mengaplikasikan pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu seperti IPA, untuk mengetahui karakteristik bahan dasar yang akan diolah, menganalisis kandungan gizi dan proses pengolahan bahan pangan; Matematika, untuk menghitung perbandingan kebutuhan bahan; Bahasa Indonesia untuk menyusun perancangan produk, pembuatan label pada kemasan, dan menyusun materi promosi; serta Seni untuk mendesain kemasan yang menarik dengan memanfaatkan teknologi.

Capaian Pembelajaran Fase D

Pada akhir Fase D (Umumnya untuk Kelas VII, VIII dan IX SMP/MTs/Program Paket B), murid memiliki kemampuan sebagai berikut.

  • Observasi dan Eksplorasi: Mengidentifikasi dan mengomunikasikan karakteristik bahan, alat, teknik pengolahan, pengemasan, dan penyajian produk olahan pangan dan atau nonpangan sesuai potensi lingkungan.
  • Perencanaan: Merancang modifikasi bahan, alat, atau teknik pengolahan, pengemasan atau penyajian produk olahan pangan dan atau nonpangan.
  • Produksi: Membuat, mengemas, dan menyajikan produk olahan pangan dan atau nonpangan hasil rancangan modifikasi dengan menerapkan K3 (kesehatan dan keselamatan kerja).
  • Refleksi dan Evaluasi: Mengevaluasi dan merefleksi proses dan produk hasil modifikasi.

Pusat Unduhan Perangkat Ajar

Silakan unduh komponen perangkat ajar yang Anda butuhkan melalui tombol-tombol di bawah ini. Setiap tautan akan mengarahkan Anda ke file yang sesuai.