Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Ajar Deep Learning Seni Budaya Kelas 3

Perangkat Ajar Deep Learning Seni Budaya Kelas 3

A. Rasional Mata Pelajaran Seni Rupa

Melalui seni rupa, peserta didik dibiasakan dapat berpikir terbuka, kreatif, apresiatif, dan empatik. Peserta didik memperoleh pengalaman mengamati dan menikmati keindahan untuk diekspresikan pada karya seni rupa yang berdampak pada diri dan lingkungan. Dengan demikian, peserta didik diharapkan memiliki kemampuan mengembangkan nilai-nilai estetika, logika, dan etika dalam dirinya untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

B. Tujuan Mata Pelajaran Seni Rupa

Pembelajaran seni rupa bertujuan mengembangkan kreativitas dan kepekaan terhadap estetika, logika dan etika untuk membantu peserta didik meningkatkan kualitas hidupnya. Di samping itu, kemampuan peserta didik dalam mengamati, mengenal, merasakan, memahami dan mengalami nilai-nilai keindahan, semakin terasah dalam merespon sebuah gagasan, peluang dan tantangan.

Elemen-Elemen Mata Pelajaran Seni Rupa

Elemen Deskripsi
Mengalami (Experiencing) Mengamati, mengenal, dan merekam pengalaman keseharian secara visual. Mengenali dan menggunakan alat, bahan, dan prosedur dasar dalam berkarya.
Menciptakan (Making/ Creating) Menciptakan karya 2 atau 3 dimensi dengan mengeksplorasi elemen seni rupa berupa garis, bentuk, tekstur, ruang, dan warna.
Merefleksikan (Reflecting) Mengenali dan menceritakan fokus dari karya yang diciptakan atau dilihatnya serta pengalaman dan perasaannya mengenai karya tersebut.
Berpikir dan Bekerja Artistik Mulai terbiasa secara mandiri menggunakan prosedur dasar sederhana untuk berkarya dengan aneka pilihan media yang tersedia di sekitar.
Berdampak (Impacting) Menciptakan karya sendiri yang sesuai dengan perasaan, minat, atau konteks lingkungannya.

Capaian Pembelajaran Fase B (Umumnya Kelas III dan IV)

Pada akhir Fase B, peserta didik mampu membuat karya seni rupa dengan menggunakan hasil pengamatan, pengalaman, dan minatnya, dengan mengaplikasikan unsur-unsur rupa dan prinsip desain. Peserta didik juga mampu menjelaskan karyanya dengan menggunakan kosakata seni rupa.

Elemen Capaian Pembelajaran
Mengalami (Experiencing) Memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitar, serta mampu menyimpulkan hasil pengamatannya.
Menciptakan (Making/ Creating) Membuat karya rupa berdasarkan gagasannya sendiri dengan menggunakan unsur garis, warna, bentuk, dan bangun, serta menerapkan prinsip keseimbangan.
Merefleksikan (Reflecting) Menilai karya dan proses penciptaannya dengan menggunakan kosa kata seni rupa yang telah dipelajari.
Berpikir dan Bekerja Artistik Menerapkan pengalamannya sebagai sumber gagasan dan secara mandiri menggunakan alat serta bahan yang tersedia di lingkungan sekitar.
Berdampak (Impacting) Memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari dan keadaan lingkungan melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif.

Petunjuk Download

Silakan unduh paket lengkap Perangkat Ajar Deep Learning Seni Budaya (Seni Rupa) Kelas 3 melalui tombol di bawah ini.

Download Disini