Perangkat Ajar Deep Learning Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 2
Perangkat Ajar Deep Learning Pendidikan Agama Islam Kelas 2
RASIONAL
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah pendidikan yang membentuk sikap, kepribadian, dan keterampilan peserta didik dalam mengamalkan ajaran Islam. PAI diarahkan untuk menyiapkan peserta didik agar menerapkan dasar-dasar agama Islam dalam kehidupan sehari-hari, meliputi kecenderungan pada kebaikan (al-ḥanīfiyyah), akhlak mulia (makārim al-akhlāq), toleransi (al-samḥah), dan kasih sayang untuk alam semesta (raḥmat li al-ālamīn). Dengan memahami PAI, peserta didik mampu menghadapi tantangan sehingga dapat mengoptimalkan potensi dirinya.
B. TUJUAN
- Beriman, bertakwa kepada Allah Swt., dan berakhlak mulia.
- Memahami prinsip-prinsip agama Islam (akidah ahl al-sunnah wa al-jamā‘ah, syariat, akhlak mulia).
- Mampu menerapkan prinsip Islam dalam berpikir dan mengambil keputusan.
- Mampu bernalar kritis dalam menganalisis perbedaan pendapat sehingga berperilaku moderat (wasaṭiyyah).
- Menyayangi lingkungan alam dan menumbuhkan rasa tanggung jawab sebagai khalifah.
- Menjunjung tinggi nilai persatuan untuk menguatkan persaudaraan (ukhuwwah basyariyyah, Islāmiyyah, waṭaniyyah).
C. KARAKTERISTIK
PAI bertujuan membangun peserta didik menjadi hamba Allah Swt. yang berakhlak mulia berdasarkan pemahaman yang benar dari bangunan ilmu yang terdiri atas Al-Qur’an Hadis, akidah, akhlak, fikih, dan sejarah peradaban Islam.
Elemen | Deskripsi |
---|---|
Al-Qur’an Hadis | Menekankan pemahaman Al-Qur’an dan hadis secara tekstual dan kontekstual sebagai nilai kehidupan. |
Akidah | Prinsip keyakinan yang mengantarkan peserta didik memahami rukun iman sebagai landasan amal saleh dan akhlak mulia. |
Akhlak | Buah dari iman dan ilmu, mendorong peserta didik untuk melatih diri (riyāḍah) dan mengendalikan diri (mujāhadah) agar berperilaku baik. |
Fikih | Interpretasi atas syariat yang memberikan pemahaman tentang hukum yang berkaitan dengan perbuatan mukalaf. |
Sejarah Peradaban Islam | Kemampuan memahami sejarah untuk menjadi ibrah, teladan, dan inspirasi generasi penerus bangsa. |
D. CAPAIAN PEMBELAJARAN FASE F
Pada akhir Fase F, peserta didik mampu memahami ayat Al-Qur’an dan hadis, cabang iman (syu‘ab al-īmān), keterkaitan iman, Islam, dan ihsan, manfaat menghindari penyakit sosial, adab bermasyarakat, ketentuan dakwah, muamalah, hukum keluarga, serta peran tokoh dan organisasi Islam.
Elemen | Capaian Pembelajaran |
---|---|
Al-Qur’an Hadis | Memahami ayat Al-Qur’an dan hadis tentang pentingnya berpikir kritis, iptek, memelihara kehidupan, dan moderasi beragama. |
Akidah | Memahami beberapa cabang iman (syu‘ab al-īmān), keterkaitan antara iman, Islam, dan ihsan. |
Akhlak | Memahami manfaat menghindari penyakit sosial; Memahami adab bermasyarakat dan etika digital dalam Islam. |
Fikih | Memahami ketentuan khotbah, tablig dan dakwah, muamalah, munakahat, dan mawāris. |
Sejarah Peradaban Islam | Memahami peran tokoh ulama dalam perkembangan peradaban Islam di dunia dan peran organisasi-organisasi Islam di Indonesia. |
Petunjuk Download
Silakan unduh paket lengkap Perangkat Ajar Deep Learning Pendidikan Agama Islam Kelas 2 melalui tombol di bawah ini.
Download Disini