Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Ajar Deep Learning Seni Rupa Kelas 2

Perangkat Ajar Deep Learning Seni Rupa Kelas 2

A. Rasional Mata Pelajaran Seni Rupa

Seni Rupa melatih peserta didik untuk menumbuhkan kepekaan rasa, kreativitas, dan berpikir kritis melalui pengalaman artistik. Pada Fase A, pembelajaran ditekankan pada eksplorasi yang menyenangkan. Peserta didik belajar mengenali dunia sekitarnya melalui elemen rupa serta alat dan bahan yang dekat dengan keseharian mereka, menjadi fondasi untuk menghargai keindahan dan menjadi individu yang kreatif.

B. Tujuan Mata Pelajaran Seni Rupa

  • Mampu mengalami dan merespon elemen-elemen rupa di lingkungan.
  • Mampu mengekspresikan gagasan melalui kegiatan menggambar, mewarnai, dan membentuk.
  • Mampu menggunakan alat dan bahan dasar seni rupa secara aman.
  • Mampu menceritakan karya yang dibuatnya secara sederhana.
  • Mampu menghargai karya temannya sebagai bentuk kebinekaan.

C. Karakteristik Mata Pelajaran Seni Rupa Fase A

Pembelajaran bersifat konkret, eksperimental, dan berpusat pada pengalaman bermain. Peserta didik belajar dengan melakukan (learning by doing), mengeksplorasi berbagai media tanpa takut salah, dan menghubungkan setiap kegiatan seni dengan dunianya. Penilaian lebih menekankan pada proses dan kegembiraan belajar daripada hasil akhir yang sempurna.

D. Capaian Pembelajaran Seni Rupa Fase A Berdasarkan Elemen

Elemen Capaian Pembelajaran
Mengalami (Experiencing) Mampu mengamati, mengenali, dan menceritakan elemen rupa (garis, bentuk, warna, tekstur) pada benda-benda di lingkungan sekitarnya.
Menciptakan (Creating) Mampu menciptakan karya dua atau tiga dimensi sederhana yang mencerminkan perasaan atau minatnya melalui eksplorasi media dan prosedur dasar.
Merefleksikan (Reflecting) Mampu menceritakan pengalaman dalam menciptakan karya secara lisan, dengan menggunakan kosakata dasar seni rupa.
Berpikir dan Bekerja Artistik Mampu menggunakan imajinasi dan pengalamannya sebagai sumber gagasan serta terbiasa menggunakan alat dan bahan dasar sesuai fungsinya.
Berdampak (Impacting) Mampu menciptakan karya seni yang memiliki dampak sederhana pada dirinya atau lingkungan terdekatnya (misalnya, membuat hadiah atau hiasan kelas).

Petunjuk Download

Silakan unduh paket lengkap Perangkat Ajar Deep Learning Seni Rupa Kelas 2 melalui tombol di bawah ini.

Download Disini